Kamis, 24 September 2015

Obyek Wisata Candi Prambanan, Wisata Sejarah Artistik dan Menarik

Obyek Wisata Candi Prambanan | Peninggalan hindu budha sampai saat ini masih banyak yang terjaga dan juga menjadi obyek wisata yang menarik perhatian banyak orang, salah satunya adalah candi Prambanan. Obyek wisata candi Prambanan sendiri merupakan peninggalan kebudayaan hindu terbesar di Indonesia. Sebagai bangunan candi yang dibangun zaman dahulu, candi Prambanan memiliki tata letak yang cukup menakjubkan, begitu juga dengan pesona keindahannya yang tiada tara. Tentu saja, sebagai bangunan bersejarah, candi Prambanan juga memiliki legenda atau kisah sejarah yang unik dan menarik sebagai latar belakang berdirinya candi Prambanan. Kisah dibalik pendirian candi ini adalah cinta sepihak Bandung Bondowoso terhadap Roro Jonggrang. Untuk menolak Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang meminta Bandung untuk membuat 1000 arca dalam waktu semalam. Hal ini dilakukan agar dia tidak harus menerima cinta Bandung, karena permintaannya sangat mustahil.

sejarah Candi Prambanan

Namun, hal itu mudah bagi Bandung Bondowoso karena dia membuatnya dengan bantuan para jin. Roro Jonggrang akhirnya panik dan meminta para warga agar beraktivitas seperti pagi hari, menumbuk padi dan membuat api besar, sehingga para jin pergi karena merasa pagi telah datang. Bandung Bondowoso yang merasa tertipu akhirnya mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke-1000. Candi Prambanan Yogyakarta memiliki 3 candi megah didalamnya, yaitu candi Brahma (Dewa penjaga) di sebelah selatan, candi Siwa (Dewa pelebut) berada di tengah dan candi Wisnu (Dewa pencipta) dibagian utara yang melambangkan trimurti. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-10 dan tingginya menjulang hingga 47 meter membanggakan arsitekturnya yang tidak tertandingi. Candi ini sendiri sebenarnya, dibangun pada saat masa pemerintahan dua raja, yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.
Obyek Wisata Candi Prambanan

Selain 3 candi megah yang melambangkan trimurti, ada juga candi-candi lainnya seperti candi Angsa yang mendapingi candi Brahma, candi Nandini mendampingi candi Siwa dan candi Garuda yang mendampingi candi wisata. Dalam pariwisata candi Prambanan, banyak hal yang bisa dipelajari oleh para wisatawan karena setiap sudutnya memiliki banyak ukiran maupun lambang-lambang yang memiliki arti sendiri-sendiri. fasilitas candi Prambanan juga cukup lengkap dan powerfull, sebut saja Audiovisual untuk memutar film tentang penemuan candi Prambanan, museum arkeologi tempat penyimpanan benda arkeolog dan perhiasan raja Mataram Kuno dan terakhir adalah taman bermain. Mengelilingi candi Prambanan tidak akan membosankan karenadaya tarik keindahannya dan tentu saja, merupakan latar yang menarik jika ingin melakukan selfie. Jadi, berwisata ke candi Prambanan selain mendapatkan hiburan dan melepas penat dan stress juga dapat belajar tentang sejarah masa lalu, karena bagaimanapun, sejarah memang bukan untuk dilupakankan?

Letak dan alamat candi prambanan

Candi Prambanan terletak di tepi jalan raya kira-kira 17 km dari Yogyakarta menuju ke arah Solo.Letak candi Prambanan ini termasuk cukup strategis dan juga mudah dijangkau, entah dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum. Jika menggunakan transportasi umum, anda bisa menggunakan bus TransJogja jalur 1A ataupun 1B dengan harga yang cukup murah meriah, cocok untuk anda yang ingin melakukan wisata hemat. Candi Prambanan sendiri dibuka sejak pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Jika ingin mengelilingi kawasan candi Prambanan, anda bisa menggunakan kereta mini yang ada disekitar candi. Harga tiket masuk candi Prambanan per 2015 ini adalah Rp 30.000 (dewasa0 dan Rp. 12.500 (anak-anak) untuk wisatawan lokal dan Rp. 171.000 (dewasa) dan Rp 85.000 (anak-anak) untuk wisatawan asing. Untuk lebih jelasnya, jika anda tertarik, alamat candi Prambanan lengkapnya adalah Jalan Raya Jogja-Solo km 17, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571,Indonesia.
Baca juga artikel mengenai obyek wisata candi borobudur
Obyek Wisata Candi Prambanan, Wisata Sejarah Artistik dan Menarik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

10 komentar

Tulis komentar
avatar
Anonim
29 September 2015 pukul 00.34

sip gan bagus cheer

Reply
avatar
27 Januari 2016 pukul 19.22

info nya sangat bagus dan menarik sekali
terimakasih atas info nya

Reply
avatar
14 Februari 2016 pukul 22.21

bagus gan sangat menarik sekali
terimakasih

Reply
avatar
23 April 2016 pukul 23.27

baru bulan puasa tahun kemarin saya sebulan di jogja, dan candi prambanan masih eksotik seperti dulu :)

Reply
avatar
15 November 2016 pukul 04.11

Pernah mengunjungi Prambanan dan ingin lagi ke Jogja setelah Wisata Tour Bali dulu nih dg keluarga

Reply
avatar
9 April 2018 pukul 19.37

kalau wisata ke candi Prambanan pasti tanpa sengaja terbayang cerita yang ada di legenda Roro Jonggrang.

Reply
avatar
12 April 2018 pukul 19.33

Belum pernah ke candi Prambanan. jadi pingin kesana sama keluarga dan teman-teman .

Reply
avatar
12 April 2018 pukul 20.52

Tempatnya bagus banget dan aku suka tentang cerita legeda Roro Jonggrang.

Reply
avatar
16 April 2018 pukul 20.26

kalau tidak salah sering ada pertunjukan teater ramayana disana

Reply

-silahkan berkomentar sesuai tema
-dilarang live link di kolom komentar
-silahkan pakai name/url
-di jamin di aprove