Sabtu, 26 September 2015

Yuk, Liburan di Obyek Wisata Candi Borobudur

Obyek Wisata Candi Borobudur Kata siapa, wisata sejarah membosankan? Wisata sejarah sama menyenangkannya dengan wisata pada umumnya, dan obyek wisata candi Borobudur adalah salah satu bukti kalau wisata sejarah cukup menyenangkan. Candi Borobudur merupakan salah satu komplek candi peninggalan Budha terbesar di Indonesia. Bahkan, pada tahun 1991, UNESCO menetapkan candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia. Tidak heran jika candi Borobudur menjadi tempat wisata yang menarik banyak perhatian wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, selain posisinya sebagai cagar budaya dunia tentunya. Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati, Magelang, Jawa Tengah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun jasa agen perjalanan wisata. Namun, jika ingin lebih berhemat, anda juga bisa memilih menggunkan transportasi umum, karena cukup banyak bus yang menuju Candi Borobudur yang akan anda temukan di Terminal Giwangan, Jogja.
 Yuk, Liburan di Obyek Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur yang mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara

Candi Borobudur memiliki luas 123x123 meter persegi dengan 10 tingkat yang tersusun dari balok vulkanik hingga mampu membentuk 504 arca dan 72 stupa dengan sebuah stupa induk yang cukup besar pada bagian puncaknya. Yang membuat candi Borobudur ini unik adalah karena balok-balok yang menyusun candi tidak menggunakan semen atau perekat, sehingga terlihat seperti lego raksasa. Ada sebuah taman arkeologi yang mengelilingi situs candi Borobudur sejak tahun 1992 yang sering disebut-sebut sebagai Taman wisata candi Borobudur (TWC). Bukan hanya Borobudur saja yang masuk dalam wilayah taman wisata, tapi juga candi prambanan. Sebagai salah satu tempat peribadatan agama Budha yang berpengaruh di dunia, candi Borobudur menjadi pusat perayaan hari raya Waisak oleh orang-orang dari Thailand, Cinta, Kamboja dan Tibet. Hal ini menjadi salah satu daya tarik dari Candi Borobudur yang mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.
Baca juga artikel kami yang lain mengenai wisata pantai senggigi

wisata sejarah candi borobudur

Sebagai tempat wisata sejarah, tentu saja, candi borobudur ini juga memilki sejarah dibaliknya. Dibangun pada masa dinasti Syailendra abad ke-9 dan saat itu berada dibawah pemerintahan Raja Samaratungga. Keunikan candi Borobudur adalah berkat rancangan Gunadharma selaku arsitek dan berhasil merancang bangunan candi ini tanpa adanya sistem komputer dan teknologi canggih. Dalam bahasa sansekerta, candi Borobudur adalah ‘Vihara Budha Uhr’ atau artinya Biara Buddha di Bukit. Dalam sejarah candi Borobudur, Borobudur pernah terlupakan karena masyarakatnya beralih menuju agama islam dan terkubur abu vulkanik dari gunung Merapi dan dipenuhi dengan semak belukar. Penemuan kembali ini dilakukan adalah Sir Thomas Stamford Raffles tahun 1814. Candi Borobudur kini telah banyak yang mengalami pemugaran dan tetap dipelihari oleh banyak orang hingga saat ini.

Tiket masuk candi Borobudur

Jika anda berlibur di candi Borobudur, banyak hal yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah mempelajari seni sastra dan budaya. Candi Borobudur memang memiliki banyak relief dibagian dindingnya. Jika ingin bisa membaca relief itu, maka anda bisa berjalan mengitari kamar mandi. Selain itu, anda juga bisa hunting foto karena pemandangan matahari terbit maupun terbenar betul-betul terlihat sebuah pemandangan yang kecantikannya tidak boleh diabaikan. Selain itu, anda juga bisa membeli souvenir khas Borobudur seperti tas, topi, kaos, gantungan kunci dan tawaran minggu. Selain iru anda juga bisa berkeliling kompleks candi yang bisa dijelajahi dengan jalan-jelas sambil membawa kecilmaupun naik andong. Menarik bukan? jika anda tertarik, anda bisa datang ke candi Borobudur saat liburan tiba atau tidak. Tiket masuk candi Borobudur adalah Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp 12.500 untuk anak-anak dibawah umur 6 tahun.
video jebraw saat di borobudur
Yuk, Liburan di Obyek Wisata Candi Borobudur
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

15 komentar

Tulis komentar
avatar
26 September 2015 pukul 01.27

sudah pernah saya ke candi borobudur gan! tempatnya memang mengasikan!
nice post :-d

Reply
avatar
26 September 2015 pukul 01.33

tiket masuk emang di bilang mahal, tpi tempat rekreasinya sangat menyenangkan

Reply
avatar
26 September 2015 pukul 01.34

thanks sob sudah berkunjung ke blog ini,borobudur emang rekomndsi bgt buat liburan

Reply
avatar
26 September 2015 pukul 01.36

memang objek wisata di indonesia itu gk kalah keren sama yg diluar negri ya

Reply
avatar
26 September 2015 pukul 01.50

Walau cuma sekali.
Setidaknya saya sudah merasakan kesana :D

Reply
avatar
26 September 2015 pukul 01.56

nice info bermanfaat bagi yang ingin berlibur

Reply
avatar
2 Oktober 2015 pukul 09.11

saya sudah kesana, indah banget :D

Reply
avatar
2 Oktober 2015 pukul 09.13

indah banget gan , kapan kapan pengin kesana :D

Reply
avatar
23 April 2016 pukul 23.23

Ah,, memang ngga ada bosannya buat ke Borobudur, walaupun panas, tetep hatinya adem kalau udah sampai sana :)

Reply
avatar
10 November 2016 pukul 02.41

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban di Dunia yang Berada Di Magelang Jawa Tengah Indonesia

Reply
avatar
10 November 2016 pukul 02.45

Jadi teringat masa kecil Pas Wisata di candi Borobudur..capek banget jalan sampai ke atas. Pengalaman yang tak akan pernah terlupakan

Reply
avatar
10 November 2016 pukul 02.49

Berwisat memang sangat menyenagkan, apalagi ke salah satu keajaiban dunia di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Reply
avatar
10 November 2016 pukul 03.08

Candi Borobudur memang sangat punya kenangan dari masa kecil kami.

Reply

-silahkan berkomentar sesuai tema
-dilarang live link di kolom komentar
-silahkan pakai name/url
-di jamin di aprove